Wednesday, October 3, 2012

Ini yang Tidak Baik dan Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur


Apa yang kita makan sebelum tidur ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur kita.  Pemilihan makanan yang salah sebelum tidur ternyata dapat menyebabkan kita menderita insomnia dan penyakit  lain yang  dapat menyerang secara tiba-tiba saat tidur, demikian juga sebaliknya beberapa jenis makanan ternyata dapat meningkatkan durasi tidur dan mencegah insomnia. Simak baik-baik makanan di bawah ini ya.

Kopi

,

Asumsi umum bahwa kalau kita pengin begadang maka  minumlah kopi yang banyak.
Pendapat ini tidak salah, karena kopi mengandung kafein yang dapat menstimulasi syaraf pusat.
Masing-masing orang berbeda tingkat sensifitasnya terhadap kafein, tergantung berapa jumlah kafein yang kita minum sehari-harinya.
Bagi yang pengin tidur nyenyak, tentu saja tidak dianjurkan minum kopi sebelum tidur.
Alkohol


Alkohol dikenal sebagai pengacau tidur. Hal ini karena menyebabkan metabolisme berlangsung cepat sehingga kita terbangun berulang kali sepanjang malam.  

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum segelas bourbon atau vodka dicampur dengan cafein-free soda  sebelum tidur akan meningkatkan sesi terbangun di tengah malam sebanyak 15 menit. Ini juga akan menurunkan durasi tidur sebanyak 19 menit serta menurunkan kualitas tidur.

Bacon Chese Burger (Burger isi daging Keju)


Ini merupakan salah satu makanan yang tidak dianjurkan dimakan sebelum tidur. Kandungan lemak yang tinggi pada makanan fast food dapat menjadi pembunuh yang berbahaya saat kita tidur.  
Hal ini karena daging dapat meningkatkan produksi asam  yang dapat naik ke lambung dan menyebabkan serangan jantung secara tiba-tiba.

 Susu


Mungkin ada yang pada waktu kecil selalu dipaksa untuk minum segelas susu hangat sebelum tidur. Ternyata kebiasaan ini bagus juga , karena susu mengandung asam amino tryptophan yang merupakan precursor serotonin kimia pada otak.  
Tryptophan dan serotonin dipercaya dapat membuat tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak.

Pisang


Pisang membantu mempermudah tidur karena dia  mengandung magnesium dan potassium yang tinggi. Potassium juga bagus untuk kesehatan jantung serta fungsi kognitif.

Cherry


Cherry merupakan satu dari sedikit makanan yang mengandung melatonin yaitu zat kimia yang dapat membantu tubuh mengontrol jam tidur. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum jus cherry sebelum tidur akan meningkatkan durasi dan kualitas tidur pada orang yang menderita insomnia kronis.

Melatonin juga biasa dikemas dalam kapsul untuk diminum para penumpang pesawat terbang untuk menghindari jet lag.

**********************************
Sumber: health.com

0 comments:

Post a Comment