Saturday, December 31, 2011

Tidur yang Kurang pada Wanita dapat Menyebabkan Obesitas

Hari ini malam tahun baru, pasti banyak yang bergadang tidur ya kan...Eit, harus hati-hati lho, banyak studi yang menyatakan bahwa kurang tidur tidak bagus untuk kesehatan. Apalagi pada wanita, ternyata salah satu pemicu obesitas pada wanita adalah tidur yang kurang.

Ini hasil dari Penelitian Internasional yang dilakukan oleh Garaulet et al yang dimuat di International Journal Obesity pada terbitan terbaru Oktober 2011.Dia melakukan penelitian pada remaja di 10 kota besar di Eropa : Austria, Belgium, France, Germany, Greece, Hungary, Italy, Spain and Sweden. Penelitian dilakukan pada kurun 2006-2008 melibatkan 1748 gadis remaja. Variabel yang diteliti meliputi pengukuran antropometri,durasi tidur,kebiasaan menonton tivi dan kebiasaan makan.

Hasilnya menunjukkan pada gadis remaja yang kurang tidur ( < 8 jam sehari ) di Eropa kejadian obesitas  lebih banyak  daripada yang tidur cukup ( p value <0,05) Mereka mempunyai pola hidup yang cenderung santai,  asupan makan lebih banyak  dan kebiasaan menonton TV yang lebih sering. Hal ini memicu meningkatnya timbunan lemak dalam tubuh. Bisa jadi mungkin sisa waktunya dipergunakan untuk nonton TV sambil ngemil makanan berkalori tinggi. Makanan yang dimakan malam hari cenderung akan menumpuk menjadi timbunan lemak.

Ada penelitian lain lagi, masih berkaitan dengan tidur pada wanita yang dipublikasikan di American journal Sleep. Para peneliti di Warwick Medical School menemukan bahwa kurang tidur pada wanita akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler.

Kadar Interleukin- 6, salah satu penanda penyakit jantung koroner, jauh lebih rendah pada wanita yang tidur 8 jam dibandingkan dengan wanita yang tidur 7 jam. Dan, kadar High-sensitivity C-reactive protein (hs-CRP), penanda risiko penyakit kardiovaskular di masa yang akan datang, juga jauh lebih tinggi pada wanita yang tidur selama 5 jam atau kurang. Sedang pada pria, tidak ada perbedaan yang berarti.

Wah, kita sebagai wanita, jadi harus benar-benar pasang timer tidur nih. Kalaupun kita bergadang saat tahun baru ini, harus diganti besoknya dengan menambah jam tidur. Tapi jangan kelamaan ya, malah akibatnya bisa pusing-pusing, secukupnya saja deh...

SELAMAT TAHUN BARU 2012 All my reader..Terimakasih sudah setia membaca postinganku selama tahun 2011. Nantikan postingan yang menarik lainnya di tahun 2012 ya..


0 comments:

Post a Comment