Wednesday, March 21, 2012

Aneka Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan (Berdasar hasil Penelitian)


Ternyata manfaat teh hijau banyak lho. Siapa yang suka minum teh? Kalau biasanya minum teh coklat alias teh biasa yang umum diminum, sekarang silakan mencoba minum teh hijau karena kita bisa menemukan aneka manfaat teh hijau bagi kesehatan. Simak ulasannya manfaat teh hijau yang saya ambilkan dari berbagai jurnal penelitian.

1.       1, Manfaat Teh Hijau Bagi Penurunan Berat Badan
Ini merupakan manfaat teh hijau yang paling populer. Ternyata tidak Cuma rumor, tapi juga didukung oleh hasil penelitian tentang manfaat teh hijau bagi penurunan berat badan.Penelitian yang dilakukan oleh Margriet et al (2005) yang dimuat di Jurnal Obesity Research pada 76 orang yang mengalami Overweight dan diberi suplemen teh hijau (270 mg epigallocatechin Gallate)  berupa 2 s/d 6 kapsul sebelum makan selama 4 minggu treatment dan 3 bulan pemeliharaan berat badan menunjukkan penurunan berat badan 5,9 kg dan dapat tetap mempertahankan berat badan pada masa pemeliharaan. Mekanisme penurunan berat badannya adalah melalui Thermogenesis dan fat oxidation.

2.       Manfaat Teh Hijau Bagi Penyakit Jantung
Penelitian yang dilakukan oleh Nakachi et al (2000) yang dimuat pada jurnal Biofactors menunjukkan bahwa konsumsi 10 cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan resiko kematian pada penyakit jantung atau penyakit kardiovaskuler lainnya. Penelitian ini dilakukan pada 8552 orang di Saitama Jepang.

3.      3.  Manfaat Teh Hijau Bagi Penyakit Kanker
Penelitian yang dilakukan oleh Le Jian  et al (2004) yang dimuat di International Journal of Cancer menunjukkan kalau ternyata manfaat teh hijau lainnya juga bisa mencegah penyakit kanker. Pada penelitian ini ternyata manfaat teh hijau bisa mencegah kanker prostat. Penelitian dilakukan pada 130 orang pasien yang didiagnosa kanker prostat, ternyata risiko  keganasan kanker dapat  berkurang seiring dengan peningkatan frekuensi dan jumlah konsumsi teh hijau. Dianjurkan mengkonsumsi minimal 3 cangkir atau 1 liter per hari atau 1,5 kilogram teh hijau per tahun.

4.      4.  Manfaat Teh Hijau sebagai Anti Miroba
Teh hijau ternyata juga bermanfaat sebagai penangkal aneka mikroba berbahaya. Penelitian yang dilakukan oleh Bong-Jeun et al (2004) yang dimuat di Jurnal Food Chemistry menunjukkna bahwa teh hijau ternyata berperan untuk menangkal  pertumbuhan mikroba berbahaya  seperti  Staphylococcus aureus , Escherichia coli,  S. epidermidis  dan S. Mutans dalam tubuh kita.

Wow..teryata manfaat teh hijau bagi kesehatan banyak ya. Makanya ayo kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan membiasakan diri minum teh hijau setiap hari.

1 comments:

Anomali Dunia said...

makasih infonya...
10 Manfaat Kesehatan Yang Diperoleh Dari Segelas Teh Hijau

Post a Comment