Friday, November 25, 2011

Cara Memeras ASI Menggunakan Tangan

Sebelumnya saya sudah berbagi Pengalamanku Sukses ASI Eksklusif. Cara memeras ASI menggunakan tangan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri pada saat memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan untuk Sifaku. Cara memeras ASI menggunakan tangan sebenarnya tidak sulit asal kita telaten dan konsisten melakukannya.Keuntungan cara memeras ASI menggunakan tangan adalah kita dapat sekaligus memijat bagian-bagian di sekitar payudara yang mengalami bendungan ASI atau istilah jawanya “mrongkol”. Cara memeras ASI menggunakan tangan juga dapat menghasilkan ASI dalam jumlah yang lumayan asal kita tahu tekniknya. Berikut akan saya bagi teknik-teknik cara memeras ASI menggunakan tangan yang saya lakukan :

  1. Kompres payudara dengan air hangat
  2. Pijat dan usap-usap payudara ke arah puting
  3. Ujung puting diputar-putar dan ditarik dengan gerakan seperti mulut bayi. Nanti akan terasa ada gerakan ”Shuut” seperti itu di dalam payudara, tanda ASI sudah mengalir ke bawah, siap dikeluarkan
  4. Mulai memijat dengan posisi tangan membentuk huruf C, yaitu ibu jari diatas dan telunjuk di bawah. Lakukan gerakan C memutari puting.
  5. Ingat posisi jari harus di pinggir areola, yaitu bagian payudara yang agak kehitaman. Ada yang menyatakan kalau bagian yang putih itu pabrik,sedang bagian yang coklat(areola) itu gudangnya. Agar pabrik memproduksi lagi gudang harus dikosongkan. Jadi kita harus sering-sering mengeluarkan/memeras ASI agar produksi dapat kontinyu.
  6. Tampung ASI yang kita peroleh dalam cangkir bermulut lebar. Untuk selanjutnya kita masukkan dalam botol kaca. Hati-hati, beberapa jam meninggalkan rumah, seperti pulang kerja, biasanya ASI memancar deras seperti semburan dari kran, oleh karena itu diperlukan wadah yang lebih lebar supaya ASI tidak terbuang percuma.
g.                  Simpan ASI
h.                  ASI yang disimpan dalam suhu ruang tahan 8 jam. Disimpan dalam almari pendingin di bagian freezer tahan 2 minggu, sedangkan di  bagian pintu tahan 1-2 hari. Kalu punya kotak khusus freezer saja ASI bisa disimpan sampai 6 bulan.




0 comments:

Post a Comment