Saturday, December 27, 2014

Jasa Antar Jemput ASI, Solusi ASI Eksklusif Ibu Bekerja



Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk  bayinya, termasuk memberikan ASI Eksklusif. Tapi seringkali mengeluhkan kendala yang dihadapi adalah karena dia harus bekerja, meninggalkan bayi di rumah selama lebih dari 5 jam. Hal ini yang menyebabkan beberapa ibu kemudian kesulitan untuk menjalankan program ASI Eksklusif.

Tapi hal tersebut sekarang dapat diatasi dengan maraknya jasa antar jemput ASI.  Jasa ini berawal dari meningkatnya kesadaran ibu bekerja tentang pentingnya ASI eksklusif pada bayi. Jadi tidak lagi ada alasan ibu bekerja tidak bisa ASI Eksklusif.

Meski tergolong baru, bisnis ini cukup menjanjikan. Mengingat baru ada beberapa yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. Tercatat hanya 4 perusahaan khusus antar jemput ASI di Jakarta: ANEX (Arga Nirwana Express) dengan divisi Kurir ASI, PongASI, JESIKA (Jemput ASI Seketika) dari  agen JNE,  dan Kalcare yang merupakan divisi dari Kalbe Farma.  Sedangkan di Semarang baru satu yaitu agen AJAIB (Antar Jemput Air Susu Ibu).

Pemilik agen antar jemput ASI di Semarang , yaitu Ahmad Faisal, pemilik agen AJAIB mengungkapkan sejarah pendirian usahanya.
````` “ Awalnya dari pengalaman pribadi. Ketika istri saya habis melahirkan, repot dalam memberikan ASI pada bayi karena masih harus bekerja sebagai guru. Karena saya yang bekerja di swasta dengan waktu fleksibel, maka saya merelakan untuk antar jemput  kebutuhan ASI anak saya. Kita komitmen, anak yang kedua ini harus diberi ASI Eksklusif, tidak seperti anak pertama yang lebih banyak susu formula. “  Dari kegiatan tersebut kemudian terbetik ide untuk membuka bisnis antar jemput ASI. “ Alhamdulillah pada bulan Juli 2014, launching usaha antar jemput ASI AJAIB,” lanjutnya.

Hal ini tak beda jauh dengan pengalaman yang dituturkan oleh Fikri Nauval, pemilik agen Kurir ASI. Berawal dari komitmennya dengan istri untuk memberikan ASI Eksklusif pada anak ketiganya. Pada saat itu dia sudah mempunyai jasa kurir barang. Dia kemudian meminta bantuan kurirnya untuk mengambil dan mengantarkan ASI yang diperah oleh istri di kantor untuk diantar di rumah. Dengan cara ini anak ketiganya dapat memperoleh ASI Eksklusif. Selanjutnya dia melakukan survei sejumlah orang. Hasil survei menunjukkan peluang kurir ASI ini cukup menjanjikan, mengingat banyaknya wanita yang sekarang menjadi ibu bekerja. 

Para pelaku antar ASI ini bekerja dengan sangat profesional. Seperti yang dijelaskan  oleh Ahmad Faisal, dia juga selalu menjaga kualitas dan keamanan dari ASI yang diantarnya. Masing-masing ibu diberi botol kaca untuk menampung ASI. Masing-masing botol terdapat gembok yang kuncinya berbeda-beda. Kunci pertama dipegang ibu, sedang kunci kedua dipegang pengasuh di rumah. Dengan demikian tidak ada kekhawatiran botol tersebut tertukar. Pada saat mengantar ASI juga menggunakan Box Freezer untuk menjaga suhu ASI ditambah menggunakan Ice Gel dan Bag Cooler.
Ahmad Faisal berhasil menyabet penghargaan Inspiration Award yang diberikan oleh Himpunan Pengusaha Muda Jawa Tengah (Hipmi) pada tanggal 21 November 2014 di hotel Patrajasa  atas usahanya yang sangat menginspirasi tersebut.

Kurir pengantar ASI ini ibarat para anggota “ Mission Impossible”. Mereka berjuang dengan sepenuh hati untuk mengantarkan ASI secara cepat dan tepat pada bayi dalam kondisi apapun. Seperti penuturan Fajar Awaludin, pengantar ASI wilayah Jakarta Pusat,” Kami berusaha bagaimana caranya ASI cepat sampai kepada bayi. Jakarta kan terkenal macet, oleh karena itu selalu berusaha mencari celah. Ibaratnya lewat airpun kami lakoni. Bahkan gang sempit yang semestinya tidak untuk motorpun kami lewati,”  tuturnya semangat. Prinsipnya jangan sampai lebih dari 3 jam mulai penjemputan sampai ke tempat tujuan.

Sedangkan Teguh, kurir AJAIB di Semarang mengatakan dia  bahkan bisa lebih cepat lagi, “ Rata-rata pengantaran satu jam, atau bisa kurang dari itu. Tergantung melihat jarak yang harus kami tempuh,” katanya.

Mengenai biaya , ada tiga paket. Masing-masing harian, mingguan dan bulanan. Untuk agen Agen AJAIB , biayanya paket harian adalah Rp.27 ribu, mingguan Rp.127 ribu dan bulanan Rp.405 ribu. Untuk yang harian bisa janjian via SMS. Lebih murah kalau ambil paket mingguan atau bulanan. Untuk JESIKA dari agen JNE, harganya Rp.25000 untuk harian, mingguan Rp.112500 dan Rp.425 ribu untuk bulanan. Agen Kalcare harganya Rp.40000 sekali antar.Sedangkan untuk agen Kurir ASI dan PongASI bisa memperoleh keterangan lebih lanjut dengan kontak pada penyedia agennya.
Tertarik ibu ? Silakan dijadikan alternatif solusi ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja.

Sumber: Majalah Selaras, Volume 44, Tahun III/2014

http://www.kurir-asi.com/

0 comments:

Post a Comment