Monday, February 11, 2013

Manfaat Shalat Bagi Wanita Hamil



Saat ini usia kehamilan saya sudah hampir menginjak bulan ke-7. Senantiasa saya syukuri bahwa saya selalu diberi kesehatan selama menjalani kehamilan saya yang ke-2 ini. Ada hal yang menakjubkan bagi saya setelah saya membaca artikel di majalah Hidayah tentang Manfaat Shalat bagi Wanita Hamil. Sebagai muslim, tentu saja setiap hari kita shalat.Ternyata shalat yang kita lakukan sangat bermanfaat terutama bagi wanita hamil. Berikut ini saya sarikan ulasannya.

Hal ini terkait dengan lancarnya aliran darah. Saat seseorang melakukan gerakan shalat, seperti sujud dan ruku’ maka darah akan mengalir lebih banyak menuju rahim. Gerakan tubuh juga berguna bagi proses persalinan. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang terbiasa melakukan gerakan jasmani secara rutin, maka akan menurunkan angka kematian ibu saat melahirkan. Apalagi saat shalat unsur jasmani dan ruhani bersatu, sehingga sangat positif bagi ibu dan calon janinnya.

Dr.Jamal Elzaky dalam bukunya: Induk Mukjizat Kesehatan Ibadah, menyebutkan manfaat shalat bagi ibu hamil antara lain:
1. Melenturkan dan menguatkan berbagai jaringan otot dan pembuluh darah
2. Melenturkan ruas-ruas tulang belakang
3. Menguatkan persediaan tulang panggul dan jaringan otot perut yang berperan besar dalam proses kehamilan da persalinan
4.  Melancarkan aliran darah dalam jantung  yang kemudian dialirkan melalui pembuluh vena dan pembuluh arteri, dengan demikian janin dalam rahim mendapatkan asupan makanan  cukup yang dibawa oleh darah
5. Menghilangkan kegelisahan dan rasa sakit akibat kehamilan serta menguatkan kepercayaan diri
6. Pengendalian atas seluruh tubuh dan meningkatkan kemampuan berpikir serta kekuatan memori

Gerakan-gerakan shalat yang membuat aliran darah menjadi lancar itu juga berguna memberi kekuatan di bulan-bulan akhir kehamilan dimana beban semakin berat. Dengan bergerak,risiko varises yang umum terjadi bisa diminimalisir.

Gerakan ruku’ dan sujud juga bisa meminimalkan rasa mual selama hamil sebab jaringan otot dinding perut dikuatkan dengan gerakan itu dan juga membantu melenturkan agar fungsi pencernaan bisa maksimal.

Subhanallah...ternyata banyak sekali manfaat shalat bagi ibu atau wanita hamil, oleh karena itu bagi hamil jangan malas menunaikan shalat ya, justru kita harus meningkatkan kualitas shalat kita agar lebih dapat memetik manfaatnya secara maksimal bagi kesehatan ibu maupun janinnya. 

3 comments:

Anissa NF said...

ijin share di page saya ya mbak dyahumi.
kuliah di akademi gizi mana? salam kenal.
Anissa.

kinanthi DM said...

maaf bu, ijin share yah
kinanthi ilmu gizi 2013 :)

Susu Kambing Newgoat said...

Pasti masih banyak lagi manfaat shalat untuk wanita hamil.... :D

Post a Comment