Sunday, April 8, 2012

3 Warna Sayur dan Buah yang Penting untuk Menjaga Kesehatan Mata

Pernahkan anda membayangkan, tanpa mata apa jadinya hidup kita? Gelap gulita tanpa cahaya tidak bisa melihat apa-apa. Oleh karena itu sayangi dan jaga kesehatan mata kita, terutama bagi anda yang sering mempergunakan mata dalam bekerja seperti di depan laptop, komputer atau pekerjaan lain yang membutuhkan ketelitian tinggi. Berikut ini ada sayur dan buah dengan 3 warna dominan yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

1.      Warna Hijau


Sayuran dengan warna hijau gelap seperti bayam, kangkung, brokoli dan sayuran lain , menurut Emily Bedrick Graubart, seorang assistant professor of ophthalmology di  The Emory Eye Center and the Emory University School of Medicine,  Atlanta, sayuran tersebut mengandung  lutein and zeaxanthin, merupakan dua  karotenoid yang dapat menurunkan risiko katarak dan Macular Degeneration. Usahakan konsumsi sayuran tersebut 1-2 mangkok sehari

2.      Warna Ungu

Warna ungu merupakan sumber antioksidan yang besar, diantaranya terdapat pada : Buah berry, buah plum dan buah anggur. Antioksidan  dapat membantu memperkecil kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh lingkungan seperti sinar matahari atau pencemaran. Kerusakan tersebut akan dapat menyebabkan pengerasan pada retina dan menyebabkan katarak dan Macular Degeneration.  Dianjurkan makan 2 porsi buah tersebut untuk mencegahnya..

3.      Warna Oranye  atau Merah

Warna oranye terdapat pada jeruk,  Pepaya, Wortel, dan labu kuning. Jeruk mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sedangkan wortel, pepaya  dan labu kuning mengandung beta karoten yang merupakan karotenoid yang kaya vitamin A dan baik untuk kesehatan mata.

Tentu saja selain konsumsi 3 sayur dan buah diatas yang terpenting adalah bagaimana kita mempergunakan mata kita dengan lebih bijaksana, yaitu berilah mata kita istirahat setelah bekerja 1-2 jam. Jangan paksa mata kita mempelototi laptop 8 jam perhari non stop! Malah ada anjuran setiap setengah jam bekerja kita istirahatkan mata kita dengan mengalihkan pandangan ke tempat yang jauh selama minimal 5 menit, baru kemudian melihat ke layar monitor lagi. Dengan demikian mata kita akan terjaga dan tetap bening indah berbinar.. Thing..Thing!

1 comments:

uii profile said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Post a Comment