Thursday, May 24, 2012

Tips Diet Penderita Tinggi Kolesterol


Sebelum menjelaskan tips diet untuk penderita Kolesterol, saya akan membahas dulu apa itu Kolesterol.  Sebenarnya tidak semuanya kolesterol itu jahat. Kolesterol itu ada beberapa macam, ada yang disebut Low Density Cholesterol (LDL) dan High Density Cholesterol (LDL). LDL sering disebut kolesterol jahat karena membawa kolesterol dari hati dan melepaskannya ke dinding pembuluh darah, akibatnya bisa terjadi penumpukan/plak di dinding pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Sedangkan LDL disebut kolesterol baik karena mengangkut kolesterol dari pembuluh darah kembali ke dalam hati. Trigliserida merupakan jenis lemak lainnya yang terdapat dalam makanan.
Kenaikan secara bersama-sama kadar kolesterol (hiperkolesterol, terutamaLDL) maupun trigliserida (hipertrigliserida) disebut dislipidemia.
Na, berikut adalah Tips-Tips Diet untuk mengatasinya :
  1. Konsumsi rendah kolesterol

Kolesterol merupakan produk khas hewani, maka diet jenis ini dianjurkan mengurangi konsumsi produk hewani yang kaya akan kolesterol seperti otak, jeroan, kuning telur, daging merah yang berlemak, dan lemak hewani. Pada dislipidemia tanpa Diabetes dianjurkan asupan kolesterol < 300 mg/hari, sedangkan penderita dislipidemia yang berawal dari Diabetes dibatasi asupan kolesterol <200 mg/hari
  1. Tingkatkan konsumsi Ikan
Asam lemak Omega-3 yang terdapat dalam ikan berperan dalam membentuk prostasiklin yang akan mencegah penyakit jantung koroner, dan meningkatkan pelebaran pembuluh darah. Anjuran konsumsi ikan 2-3 kali per minggu.
  1. Kurangi konsumsi Karbohidrat murni
Makanan yang mengandung karbohidrat murni seperti gula, madu, serta makanan manis seperti kecap, abon, dendeng, coklat dll, dapat meningkatkan sintesis trigliserida dalam tubuh.

  1. Tingkatkan Konsumsi serat
Khususnya serat yang larut air, karena menghambat penyerapan kolesterol di dinding usus. Contoh sayuran dan buah yang tinggi serat larut air seperti: labu siam, terong, oyong, lobak, melon, semangka, belimbing dan jambu. Gunakan makanan tinggi serat larut air seperti: agar-agar, rumput laut, kolang-kaling, cincau, sebagai camilan menggantikan kue-kue tinggi karbohidrat










dengan Midori Gold Chlorophyl, harga murah 1 pak=30 sachet
Promo Diskon 5 %  !!! Toko Sehat Ayu


5. Konsumsi Susu Kedelai
Susu jenis ini dapat digunakan sebagai alternatif sumber kalsium dan fosfor sebagai pengganti susu sapi

6. Pilih cara memasak yang sedikit menggunakan minyak/lemak seperti: menumis, merebus, menanak dan memepes.

  1. Olahraga secara teratur dan hindari stres fisik, psikologis maupun emosional

Sumber :
Asuhan Nutrisi Rumah Sakit
Andry Hartono






0 comments:

Post a Comment