Thursday, November 10, 2011

Diet Langsing Ala Jennifer Lopez dan Madonna

Bagi yang sedang menjalani diet langsing, pasti ingin mencari jenis diet langsing yang tepat untuk kamu terapkan. Tentu saja dengan harapan yang nantinya paling banyak membantu sukses penurunan berat badan. Biasanya kemudian yang menjadi patokan adalah diet langsing yang dijalani oleh para selebriti atau artis, apalagi kalau itu diet langsing yang diterapkan oleh artis dunia. Kali ini saya akan membahas diet langsing yang dijalani oleh 2 selebriti yang merupakan ikon kecantikan dan sexy dunia yaitu Jennifer Lopez dan Madonna.

Jennifer Lopez
Jennifer Lopez merupakan salah satu selebriti yang selalu tampil cantik dan sexy. Banyak orang iri dengan bentuk tubuh yang dimiliki Jennifer Lopez, terutama bentuk pinggul dan bokongnya yang indah. Orang kemudian ingin tahu sekali bagaimana dia menjalani diet langsingnya, apalagi pada saat dia baru saja melahirkan 2 bayi kembarnya, dia dapat tampil langsing lagi dengan cepat.

Ternyata rahasianya karena Jennifer Lopez melakukan Dukan Diet System. Ini merupakan diet yang dikonsep oleh seorang ahli gizi Perancis bernama dr. Pierre Dukan. Dengan program diet langsing ini J-Lo mengatakan kalau dia sudah turun berat badannya sebanyak 20 pounds (1 pound = 0,435 kg).

Diet langsing ini terbagi dalam 4 tahapan. Masing-masing tahapan mempunyai tujuannya sendiri dalam membantu kita menurunkan berat badan secara efektif. Berikut adalah tahapan yang harus diikuti:
  1. Tahapan Menyerang (Attact Phase)
Ini adalah tahapan diet protein. Kamu diperbolehkan makan daging, ikan, telur dan minum cairan dalam jumlah banyak, idealnya adalah air putih saja. Tujuan dari diet ini adalah untuk membakar glukosa darah dan mulai pembakaran lemak, merupakan proses untuk merubah metobolisme tubuh untuk membakar lemak. Protein mencegah kita dari kelaparan dan mempertahankan massa otot. Diet ini rendah kalori, biasanya dijalani selama 2-7 hari.
  1. Tahapan Berlayar (Cruising Phase)
Selama tahapan ini kita melakukan selang-seling antara diet protein dan diet rendah karbohidrat untuk mempertahankan proses pembakaran lemak. Biasanya dengan diet ini akan terjadi penurunan berat badan 2 pounds dalam 1 minggu
  1. Tahapan Konsolidasi (Consolidation Phase)
Tahapan ini didesain untuk memastikan bahwa berat badan yang sudah turun tidak kembali lagi. Tapi pada tahapan ini kamu diberi kesempatan untuk relax dan bersenang-senang dengan makanan kesukaan, maksimal 2 hari dalam seminggu boleh makan roti, coklat atau minuman bergula kesukaan kita, sedang 5 hari berikutnya tetap mengikuti diet yang ada. Tahapan ini diikuti minimal selama 100 hari.
  1. Tahapan Stabilisasi ( Stabilization Phase)
Ini adalah tahapan yang harus dijalani seumur hidup untuk mempertahankan berat badan kita. Dalam seminggu kita harus meluangkan 1 hari untuk makan hanya protein saja, sedang hari yang lainnya kita harus makan bergizi yang seimbang, tapi rendah kalori.


Tips dari J-Lo adalah mengawasi apa yang kita makan. ” Saya tahu apa yang baik dimakan untuk tubuh saya  dan apa yang buruk, serta selalu mencoba untuk menghindari hal-hal buruk tersebut.”
Tapi J-Lo mengakui kalau sesekali dia mencuri kesempatan melanggar dietnya” Saya kadang juga sesekali melanggar aturan makanan dalam diet saya, yah seperti umumnya wanita lah...” katanya santai. Yang penting menurutnya harus konsisten dalam pola makan seimbang.
” Segala sesuatu cukup dinikmati sedikit saja dan selalu dalam porsi makan sehat yang seimbang.Kalau kamu berpikir bahwa kamu fit dan sehat, maka tubuhmu akan memberitahumu apa yang dia butuhkan, ini adalah hal yang kadang orang umum tidak menyadarinya.”
Satu hal yang menjadi prinsip utama J-Lo adalah menolak sama sekali  alkohol dan rokok.

”Ibu saya  selalu menekankan bahwa alkohol dan merokok itu tidak baik hidup saya,Dia mengatakan bahwa peringatan ini semata-mata untuk kebaikan saya, karena 2 hal tersebut nantinya akan menyakiti saya kalau tetap dilakukan.  Saya juga tidak mau minum alkohol untuk mendapatkan suasana yang menyenangkan seperti yang kadang orang-orang lakukan,” katanya tegas.

Selain itu J-Lo selalu rajin melakukan olahraga. Kalau dulu dia keras berolahraga fitness kardio, sekarang J-Lo lebih tertarik pada Yoga untuk menyeimbangkan pikiran, badan dan jiwanya.Olahraga Kardio dia lakukan dalam tingkat moderate saja.

Madonna


Berbeda dengan J-Lo, Madonna masih sangat ketat mengawasi bentuk tubuhnya. Dia tidak membiarkan tubuhnya melar walaupun 1 inchipun. Madonna sangat terobsesi dengan diet, olahraga dan Yoga. Olahraga yang dijalani meliputi Fitness untuk otot, Roller Skating untuk memperkuat kaki kaki dan pantat, berkuda serta Ashtanga Yoga untuk relax dan pemusatan pikiran.

Adapun diet yang dijalaninya, Madonna menjalankan diet langsing Makrobiotic. Dia punya pelatih fitness khusus dan ahli masak profesional untuk menjalankan dietnya. Madonna mengatakan tidak percaya makan di Restaurant umum, karena ragu terhadap jumlah kalori dalam makanannya.

Diet Macrobiotic dikonsep oleh ahli diet Jepang bernama George Ohsawa. Prinsip diet ini adalah rendah lemak, tinggi serat. Setiap hari diwajibkan konsumsi Whole Sereal Grain ( nasi merah, whole wheat, buckwheat, barley dll) yang meliputi 40-60 % dari total konsumsi. Selanjutnya 20-30 % sayuran, proses pemasakan yang diijinkan adalah dikukus, dipanggang, dan direbus. Kacang-kacangan 10 % , dapat juga berupa olahan yaitu  tahu, tempe atau tauco. Dianjurkan juga mengkonsumsi 1-2 mangkok sup setiap hari. Gula, Coklat dan makanan manis lainnya sama sekali tidak diperbolehkan dalam diet langsing jenis ini. Diet ini diklaim mengandung tinggi Riboflavin, Vitamin B serta Phytoestrogens yang dapat mencegah kanker payudara serta endometriosis pada wanita.


Berikut adalah jadwal diet dan olahraga Madonna dalam 1 hari
Pagi : Ashtanga Yoga di Gym pribadinya
Makan Pagi : Macrobiotic Soup ( yang hanya terbuat dari sayuran organik)
                        Senam Pilates
Makan Siang : Japanese Macrobiotic ( terdiri dari sayuran kukus, tahu, rumput laut dan kacang-kacangan)
Sore : Biasanya memilih satu dari olahraga berikut : renang, karate, angkat beban, lari atau berkuda
Makan Malam : Ikan kukus dan sayur organik


Silakan saja pilih, diet menurut selebriti mana yang ingin kamu anut. Yang penting harus disesuaikan dengan kondisi tubuh kita dan jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter agar lebih terkontrol.




1 comments:

Fika Afinari said...

trims infonya mengenai cara menurunkan berat badan :)

Post a Comment