Tuesday, October 18, 2011

Punya Gejala 3 P?Bisa Diabetes,Lho...


Saat ini Diabetes menjadi penyakit yang semakin meningkat penderitanya. Mungkin karena perubahan pola makan masyarakat, dimana konsumsi makanan manis dan berkolesterol makin banyak dijajakan.Hal ini memicu timbulnya Diabetes Tipe 2, yaitu Diabetes yang terjadi saat dewasa.


Diabetes Melitus (DM) adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula (glukosa) darah akibatekurangan hormon insulin secara absolut dan relatif. Maksudnya absolut apabila kita kekurangan hormon insulin sejak kecil, jadi merupakan bawaan, tapi bila relatif apabila kekurangan hormon tersebut terjadi saat kita dewasa, biasanya insulin masih diproduksi tapi dalam jumlah yang sedikit.

Diabetes dapat dideteksi dengan timbulnya 3 gejala awal yaitu: Poliurie(banyak kencing), Polidipsi (banyak minum) dan Polifagia (Banyak makan)

Poliurie : Banyak Kencing
Gejala awal diabetes melitus berhubungan dengan efek langsung dari
kadar gula darah yang tinggi. Jika kadar gula darah mencapai 160-180
mg/dL, maka glukosa akan sampai ke air kemih. Jika kadarnya lebih tinggi
lagi, ginjal akan membuang air tambahan untuk mengencerkan sejumlah
besar glukosa yang hilang. Ginjal menghasilkan air kemih dalam jumlah
yang berlebihan, maka penderita sering kencing dalam jumlah yang
banyak (poliuri).

Polidipsi:Banyak Minum
Akibat poliuri maka penderita merasakan haus yang berlebihan sehingga banyak minum (polidipsi). Banyak minum disini, lebih dari ukuran rata-rata minum orang normal yaitu 2 liter/hari, sedangkan untuk penderita Diabetes lebih dari 2 liter/hari.


Polifagia : Banyak makan
Sejumlah besar kalori hilang ke dalam air kemih sehingga penderita mengalami penurunan berat badan dan untuk mengkompensasikan hal ini penderita seringkali
merasakan lapar yang luar biasa sehingga banyak makan (polifagia).

Tentu saja kalau sudah diketahui punya 3 gejala tersebut yang apling akurat adalah segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Apabila kadar gula darah kita diatas 160 ml/dl maka ada indikasi kita mengidap diabetes.

Baca aneka riset tentang managing diabetes

0 comments:

Post a Comment