Search this Blog

Memuat...

Rabu, 19 Oktober 2011

5 Makanan Pencegah Sakit Jantung

Sakit jantung sebenarnya dapat dicegah atau dimimalkan serangannya dengan mengatur pola makan yang sehat, kecuali penyakit jantung bawaan,lho. Berikut ini 5 makanan pencegah sakit jantung:

1.      Bawang Putih
Bawang putih ini sangat banyak manfaatnya, diantaranya dapat juga sebagai makanan  mencegah sakit jantung. 
Konsumsi teratur bawang putih (min ½ bawang/hari) bisa menurunkan penyakit darah tinggi, mencegah penggumpalan darah (penyebab stroke), mencegah kenaikan gula darah dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor resiko sakit jantung. Konsumsi bawang putih ini dapat berupa bumbu yang dimasukkan dalam masakan, atau dimakan mentah, bisa juga dibuat acar, saat ini sudah banyak dijual acar bawang putih yang dikemas dalam toples kaca. 
2.      Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung omega-3 yang bisa mencegah debaran jantung yang terlalu cepat, mencegah atau menurunkan tingkat pelebaran pembuluh darah arteri, menambah jumlah lemak baik dalam tubuh, dan mencegah kolesterol terpecah dan menjadi sumbatan di arteri.
3.      Beras merah
Beras merah merupakan sumber magnesium. Mineral ini (magnesium) bisa memperlancar aliran pembuluh darah. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan penyakit hipertensi, serangan jantung, dan gangguan irama jantung.
4.      Buah Apel
Apel mengandung vitamin C dan A yang efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol dan resiko kanker
5.      Susu Kedelai
Susu kedelai mengandung Vitamin E (Tokoferol) yang dapat mencegah terjadinya plak pada pembuluh darah dan serangan jantung koroner
Demikian 5 makanan pencegah sakit jantung, semoga bermanfaat ya...

0 komentar:

Poskan Komentar