Monday, January 25, 2016

Selamat Hari Gizi Nasional; Ayo Edukasi Gizi Anak Lewat Cerita

Tahukah Anda kalau hari ini adalah Hari Gizi? Ya, tanggal 25 Januari ditetapkan secara nasional sebagai Hari Gizi. Mungkin tidak banyak yang tahu keberadaan hari yang satu ini. Padahal gizi sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Sejarah Hari Gizi Nasional pertama kali diperingati pada  pertengahan tahun 1960 oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) yang diketuai oleh Prof. Poerwo Soedarmo yang merupakan Bapak Gizi Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Di kemudian hari disepakati bahwa hari gizi nasional ditetapkan menjadi tanggal 25 Januari.

Masalah Gizi yang Terjadi
Banyak orang tua yang khawatir anaknya kekurangan gizi. Hal ini dengan semakin berkembangnya industri makanan yang hanya mengedapankan kelezatan makanan tanpa mempertimbangkan nilai gizi di dalamnya. Ditandai dengan menjamurnya Fast Food di perkotaan yang bahkan sekarang sudah merambah ke daerah pedesaan. Makanan yang dijual di gerai Fast Food biasanya tinggi karbohidrat dan lemak, tapi miskin kandungan Vitamin dan Mineral.

Kondisi ini menyebabkan banyak anak yang tidak menyukai makan sayur dan buah-buahan. Mereka lebih memilih memakan makanan tinggi karbohidrat dan lemak daripada makanan yang tinggi kandungan vitaminnya.
Akibatnya banyak anak yang kemudian mengalami kekurangan vitamin  dan timbulnya berbagai penyakit yang mengancam kesehatannya.

Edukasi Gizi Anak Lewat Cerita
Untuk merubah perilaku seseorang adalah dengan memberi tambahan pengetahuan dan pemahaman  Dengan demikian orang tersebut mencapai tahap kesadarannya untuk merubah perilaku atas kemauannya sendiri. Perubahan perilaku yang didasarkan atas kemauan sendiri biasanya lebih menetap dan bertahan lama dibanding perubahan perilaku yang terjadi atas dasar desakan atau paksaan.
Pada anak-anak, pemberian tambahan pengetahuan lebih mudah dilakukan lewat cerita daripada lewat nasehat langsung. Hal ini karena dunia anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu untuk merubah pola makan anak yang salah dapat dilakukan dengan memberi edukasi gizi anak lewat cerita.

Buku Aku Anak Sehat
Salah satu buku yang menjawab tantangan tersebut adalah Buku Cerita Terbaik Sepanjang Masa Seri Aku Anak Sehat.

Buku yang baru saja dirilis pada akhir tahun 2015 itu menjawab tantangan edukasi gizi anak lewat cerita secara lengkap.
Buku ini adalah Buku 7 in 1 karena berisi:
1. Cerita anak yang unik dan menarik
2. Pengetahuan vitamin  (A, B1, B12, C, D, E dan K) pada anak
4. Anjuran kecukupan vitamin dan kandungan vitamin pada berbagai  sumber-sumber makanan
5. Resep masakan yang mengandung vitamin tinggi
6. Lembar aktivitas
7. Bonus Kartu Kwartet sumber-sumber vitamin

Buku ini mencoba memberikan pemahaman pada anak tanpa anak merasa digurui. Dengan diawali cerita dengan tokoh anak-anak, pembaca cilik merasa diberitahu oleh temannya sendiri, termasuk solusi permasalahannya juga diberikan oleh anak-anak sendiri tanpa didikte oleh orangtua.

Setelah membaca cerita, baru dipaparkan informasi pengetahuan tentang vitamin serta anak dapat mencoba resep sederhana makanan yan mengandung tinggi vitamin.

Untuk mengasah otak, anak dapat bermain mencari jejak di lembar aktivitas dan memainkan kwartet kartu macam-macam sumber vitaminnya.

Edukasi Gizi Anak lewat cerita yang ada di buku ini diharapkan dapat merubah pola makan anak-anak untuk lebih memilih makanan bervitamin tinggi dibanding makanan dengan kadar lemak tinggi. Tujuan akhirnya adalah tercapainya kondisi tubuh anak yang lebih bugar dan sehat.

2 comments:

Agustina Purwantini said...

wah, aku jadi terinpirasi utk bikiin cernak tentang gizi juga nih

beni doank said...

Artikel kesehatan terbaru makasih bro artikelnya keren dan bermanfaat.

Post a Comment