Friday, July 31, 2015

Awas! Empat Makanan Ini dapat Merusak Gigi



Gigi yang cantik dapat menunjang penampilan pemiliknya. Tapi tanpa kita sadari gigi dapat rusak oleh makanan yang kita makan sehari-hari. Oleh karena itu kita harus awasi makanan yang dapat merusak gigi. Marc Lowenberg, ahli gigi kosmetik di New York menjelaskan 4 makanan yang dapat merusak gigi serta solusi untuk mengatasinya.
JUS KEMASAN
Minum segelas jus memang segar. Kadang kita malas membuat jus sendiri sehingga memilih jus kemasan. Tapi awas, jus kemasan biasanya mengandung gula tinggi sehingga dapat merusak gigi.
“ Ini sama dengan menghujani gigi dengan cokelat manis,” ucap Lowenberg.
Mekanisme perusakannya karena gula dalam jus dikonsumsi dalam mulut dan diubah menjadi asa yang membuat enamel gigi menipis dan menyebabkan gigi berlubang.
Solusi: Minum jus kemasan dapat disiasati dengan sedotan. Dengan demikian kandungan gula dalam jus tidak bersentuhan langsung dengan gigi. Dianjurkan 45 menit setelah minum jus untuk menyikat gigi. Tentu saja solusi paling aman adalah buat jus Homemade sendiri, sehingga kita dapat mengontrol jumlah gula yang kita tambahkan.
BUAH KERING
Buah kering akan membuat kandungan gula di dalamnya memadat, dikarenakan kandungan airnya sudah diuapkan. Buah kering biasanya dikemas dengan serta non selulosa dan mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi.
Solusi: Sikat gigi segera setelah konsumsi buah kering. Hal ini untuk menjaga agar gula tidak mengumpul di dalam mulut dan merusak gigi. Sebaiknya biasakan konsumsi buah segar daripada buah kering.
VITAMIN KUNYAH
Hati-jati mengkonsumsi vitamin kunyah, terutama yang teksturenya kenyal lunak. Faktanya yang membuat vitamin kunyah bertekstur lengket adalah gula. Sehingga saat mengunyah tentu meningkatkan risiko gigi berlubang.
Solusi: Biasanya yang mengkonsumsi vitamin kunyah adalah anak-anak. Tapi usahakan pilih vitamin yang berbentuk pil, walaupun rasanya tidak seenak vitamin kunyah yang kenyal. Banyak juga sekarang pil vitamin yang dapat dikunyah.
SAUS BARBEQUE
Melumuri daging atau ayam dengan saus Barbeque memang dapat meningkatkan cita rasa masakan. Tanpa tidak banyak orang menyadari kalau saus Barbeque yang dipakai biasanya mengandung banyak gula. Hal ini akan berisiko merusak gigi.
Solusi: Gosoklah gigi segera setelah makan makanan dengan saus Barbeque. Atau bisa dicoba cara dengan mengoleskan Petroleum Jelly pada gigi sebelum makan, supaya saus tidak bersentuhan langsung dengan enamel gigi. 

(Sumber: Majalah Selaras Volume 52 Tahun IV/2015)


1 comments:

syamsudin firmansyah said...

Terima kasih infonya, sangat membantu orang tua sekali,
sehingga bisa ikut membantu merawat kesehatan gigi anak. salam kenal.

my site : Jelly Gamat Solo

Post a Comment