Saturday, February 14, 2015

Manfaat Ajaib Berpelukan


Seringkah anda berpelukan? Berpelukan disini bukan untuk  muda-mudi pacaran atau pasangan yang  belum menikah, lho. Tapi pelukan kasih sayang antara suami istri,  saudara, sahabat  atau orangtua kepada anak-anaknya.

Ternyata berpelukan itu menyehatkan. Para pakar mengatakan bahwa berpelukan dapat melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini dapat membantu tubuh memerangi rasa depresi, stres, kesepian dan kemarahan.  Oleh karena itu pada saat sedang cemas atau khawatir, pelukan akan memberi rasa nyaman.

Manfaat yang kedua dari pelukan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tekanan lembut pada tulang dada dan timbulnya efek emosional akan merangsang kerja kalenjar timus. Kelenjar ini berfungsi untuk menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih di dalam tubuh berfungsi sebagai  prajurit untuk memerangi setiap agen penyakit yang masuk ke dalam tubuh.
Manfaat yang ketiga yaitu berpelukan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jaringan. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Virginia Satir, seorang pakar psikoterapis mengatakan bahwa manusia membutuhkan 4 pelukan per hari untuk bertahan hidup. Delapan pelukan  per hari untuk perawatan. Serta 12 pelukan per hari untuk pertumbuhan.


Mengingat manfaatnya yang sangat besar  dari sisi psikologis maupun kesehatan, segeralah cari orang-orang terkasih anda. Lalu peluk mereka dengan setulus hati. Maka anda akan memberikan berkah kesehatan untuk  orang yang dipeluk maupun untuk anda sendiri. 

1 comments:

Beni aja said...

makasih atas artikelnya bro,,,bermanfaat bagi banyak orang, di baca juga Artikel kesehatan terbaru dan berbagai tips kesehatan

Post a Comment