Friday, January 30, 2015

Memahami Dunia LGBT: Tantangan bagi Konseling Kesehatan



Resensi Buku
Judul: Anakku Bertanya tentang LGBT
Pengarang: Sinyo
Penerbit: Quanta (Imprint dari PT Elex Media Komputindo)

Lesbian, Gay , Biseksual dan Transgender (LGBT) merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada masyarakat dewasa ini. Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa dunia tersebut hanya marak di luar negeri.Tanpa kita sadari, dunia LGBT sudah sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Bila dipandang dari ilmu kesehatan, dunia LGBT sangat rentan dengan terjadinya masalah-masalah kesehatan. Baik berupa rentannya tertular penyakit HIV/AIDS atau rusaknya organ kelamin akibat hubungan seksual yang tidak pada tempatnya. Selain itu hubungan yang dilakukan oleh para pelaku LGBT, tidak akan menghasilkan sebuah pola reproduksi yang sehat. Dikarenakan hubungan tersebut tidak akan mengakibatkan bertemunya sel sperma dan sel telur, sehingga tidak menghasilkan keturunan. Padahal secara kodrati Tuhan merancang hubungan antara seorang laki-laki dan perempuan sebenarnya adalah agar tersebar keturunan  untuk  dapat memakmurkan bumi.

Buku ini mengupas tuntas dari sejarah asal mula LGBT, kerancuan istilah-istilah yang digunakan, komunitas unik, hingga petunjuk hal yang harus dilakukan bila anak atau saudara kita cenderung ke arah LGBT.  Buku ini mengkombinasikan bahasannya antara   referensi ilmiah dan referensi agama, sehingga membuat bahasan yang disampaikan sangat berimbang. 

 Buku ini  juga dapat memperluas wawasan bagi para profesional yang terjun di dunia konseling kesehatan, mengingat Selama ini  dunia LGBT masih merupakan tantangan bagi para konseling kesehatan, terkait penanganan  kesehatan para pelaku LGBT.Dengan demikian  dapat merumuskan sebuah  metode untuk penanganan pasien yang terlibat LGBT. Terlebih lagi apabila pasien tersebut menderita masalah-masalah kesehatan yang serius. Selain itu lewat konseling yang tepat diharapkan para pelaku LGBT dapat diluruskan orientasi seksualnya, dari homoseksual(penyuka sejenis) menjadi heteroseksual (penyuka lain jenis).
Mengingat masih sedikitnya buku-buku referensi yang mengupas tuntas tentang dunia LGBT, maka buku ini layak dimiliki bagi siapa saja yang peduli pada kesehatan dan kehidupannya.


2 comments:

Febri Yanto said...

bisa di pesan via onlinw tidak bukunya

dyahumi said...

Ini buku terbitan Elexmedia mas Febri, coba saja dicari di web Elexmedia atau Gramedia, kalau masih ada stok, bisa dipesen langsung ke web onlinenya

Post a Comment