Wednesday, July 10, 2013

Pembinaan Kesehatan Pengajar PAUD




Pada tanggal 6  Juli 2013 bertempat di TK desa Datar, Kecamatan Sumbang telah dilaksanakan  “Pembinaan Kesehatan Pos Paud untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Anak Usia Dini” yang merupakan kerjasama Tim Pengabdian Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman dengan HIMPAUDI kecamatan Sumbang yang diketuai oleh Ibu Sri Wahyuti, S.Pd.

Kegiatan ini berjalan cukup sukses dengan dihadiri perwakilan dari para pengajar di 23 PAUD  dan para pengurus HIMPAUDI yang ada di Kecamatan Sumbang. Masing-masing PAUD mengirimkan 2 wakilnya untuk menghadiri acara sehingga total peserta adalah 48 orang.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para pengajar PAUD tentang materi kesehatan, untuk menunjang terciptanya pendidikan PAUD yang holistik integratif. Saat ini pemerintah sudah menetapkan pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai pendidikan yang bersifat holistik integratif, yaitu tidak cuma menekankan hanya pada masalah pendidikan saja tapi juga aspek pelayanan gizi, kesehatan, pengasuhan dan perlindungan anak.

Materi yang disampaikan dalam acara ini, yang pertama disampaikan oleh Dyah Umiyarni P, SKM, MSi dengan materi Metode Penilaian Status Gizi untuk Anak Usia Dini. Isi materinya meliputi cara mengukur tinggi badan, berat badan dan lingkar lengan atas yang benar untuk anak usia dini, dan bagaimana cara menginterprestasikan ukuran-ukuran tersebut dalam kategori status gizi.


Materi kedua disampaikan oleh Kusnandar, S.Pd, M.Kes tentang Metode Pengembangan Jasmani pada Anak Usia Dini. Isi materinya diantaranya adalah tentang tahapan pertumbuhan masa kanank-kanak, pengembangan motorik pada anak usia dini  dan program kegiatan pengembangan gerak anak.


Materi yang ketiga disampaikan oleh Almira Sitasari, S.Gz, M.PH tentang Cara Cerdas Memilih Makanan Sehat untuk Anak. Isi materinya meliputi panduan gizi seimbang, kebutuhan gizi anak, tips menyusun menu dan makanan kemasan untuk anak.



Peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi dengan penceramah tentang materi yang disampaikan. Materi yang diberikan juga dapat cepat diserap, terlihat dari peningkatan pengetahuan dari hasil uji pretest dan saat prestest setelah dianalisis mencapai 49.5 %.



Hal-hal baru yang tadinya dianggap asing saat awal pelatihan, dapat cepat diserap sehingga  pengetahuan pun meningkat. 



Peserta dengan hasil pretest tertinggi adalah Ibu Lina dari PAUD Temulawak 3 Desa Karanggintung.
Peserta dengan nilai tertinggi menerima kenang-kenangan dari Tim Unsoed. Doorprize juga dibagikan kepada pada beberapa peserta lain yang beruntung.


Saya sangat salut dan menghargai kerja para pengajar PAUD, walaupun dengan fasilitas  dan imbalan seadanya di PAUD masing-masing tapi mereka rela memberikan waktu dan ilmunya untuk mendidik para anak usia dini, sehingga anak-anak tersebut bertambah kemampuan dan ketrampilannya untuk mendukung tumbuh kembangnya.



Terimakasih untuk ketua HIMPAUDI Ibu Sri Wahyuti beserta sekretarisnya Ibu Aini yang telah mengkoordinir para anggotanya dan menyediakan segala fasilitas, serta Kepala UPK  Sumbang atau yang mewakili  Bapak Edy Prayitno yang telah memberikan ijin pelaksanaan kegiatan dan membuka acara.  Semoga materi yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan untuk meningkatkan pengembangan pendidikan di PAUD masing-masing. 

Terimakasih Bunda, Terimalah Salam dari kami yang ingin maju bersama-sama......***

1 comments:

almira sita marchaban said...

Dengan memberdayakan guru PAUD berarti kita ikut mensukseskan optimalisasi tumbuh kembang anak... Selamat ya Bu Dyah...acaranya seru. Semoga manfaat. Amin

Post a Comment